Ajak Siswa Berpikir Analisis
Hal yang tidak boleh dilupakan oleh guru les dalam menyampaikan materi
adalah menanyakan kejelasan kepada siswa, seperti mengungkapkan pertanyaan :
-
“ Sudah
paham belum ?”
-
“Jelas, ndak ?”
-
“Gimana, ada kesulitan gak ?”
-
“Ada yang perlu dijelasain ulang ?”
-
“Bagian mana yang tidak paham ?”
-
“Gimana, terlalu cepet, ndak ?”
-
Dst
Pertanyaan di atas berkaitan tentang mengetahui apakah yang kita
jelaskan, siswa sudah paham atau mengajak siswa mengemukakan usul agar berani
mengkritisi dan memberi kesempatan siswa berpikir kritis dan menganalisis.
Pertanyaan itu sangat penting agar ilmu yang disampaikan dapat merasuk ke otak
dengan jeda pertanyaan yang kita ajukan.
Diskusi dengan pertanyaan – pertanyaan ringan tentang materi yang kita
sampaikan, akan membuat siswa semakin tertantang dan semakin ingin tahu.
Janganlah pertanyaan hanya menanyakan apa, siapa, atau kapan. Tapi ajaklah
siswa untuk menjawab pertanyaan :
-
Bagaimana, ada perbedaaan tidak 2 hal tersebut ?
-
Coba amati, dari sisi mana kesamaan ketiga hal
tersebut ?
-
Coba bandingkan dengan jawaban ini !
-
Coba ceritakan dengan bahasa kalian !
-
Bagimana cara mendapatkan rumus itu ?
-
Mengapa hal itu bisa terjadi ?
-
Dengan sebab apakah peristiwa itu terjadi, coba
uraikan !
-
Coba diskusikan dengan teman sebangkumu, hal –
hal apa saja yang menjadikan seperti itu ?
-
Coba resapi, cara manakah yang paling mudah
menurutmu ?
-
Bisakah kamu membuat polanya, coba ungkapkan !
-
Dst
Pertanyaan – pertanyaan di atas sangat perlu diajukan kepada siswa, jika
siswa tidak mampu seperti yang guru les harapkan, maka coba pandu dengan
pertanyaan – pertanyaan arahan. Adakalanya pertanyaan yang kita ajukan, siswa
tidak bisa memahami dengan baik sehingga menimbulkan jawaban yang tidak seperti
yang kita inginkan.
0 comments:
Post a Comment