Penyelesaian Soal Yang Berbeda
Guru
dalam penyelesaian soal bisa berbeda dengan guru les, hal ini wajar. Umumnya
guru les dalam menyelesaikan soal lebih cepat, irit langkah, dan waktu lebih
hemat. Cara yang bisa dibilang cepat, belum menjamin siswa lebih paham dan
efektif, manakala didapati guru sekolahnya tidak menginginkan penyelesaian
lain. Ini artinya, guru sekolah menginginkan siswanya menjawab sesuai dengan
cara yang guru ajarkan.
Bahkan
ada guru sekolah yang marah, bila siswa menggunakan penyelesaian yang berbeda,
meski hasil akhir sama. Hal ini membuat siswa bingung dan menjadi tidak bisa.
Namun, bila siswa tersebut memiliki akademik yang tinggi maka siswa akan mampu
memadukan dengan baik.
Oleh
karenanya, guru les harus memahami hal yang demikian. Seyogyanya manakala siswa
menanyakan soal atau ketidakjelasan penjelasan dari guru sekolah, siswa
ditawari apakah mau dijelaskan dengan
cara guru atau cara kita. Manakala siswa memilih dengan cara kita, maka kita
jelaskan hanya saja, bila saat ujian dengan soal uraian, maka guru les tetap
meminta siswa mengerjakan dengan penyelesaian yang sama dengan gurunya.
Terkadang
guru sekolah dalam menjelaskan materi terdapat kesalahan baik dalam konsep
ataupun dalam materi yang rumit, hal ini menjadikan guru les harus pandai –
pandai dalam mengatur suasana. Sebab jika berbeda dalam hasil akhir, maka tentu
siswa akan bingung. Jika kita yakin bahwa guru sekolah yang salah, maka kita
sampaikan ke siswa dan beri pengertian sekaligus bukti – bukti yang kuat.
Dengan demikian siswa tidak lagi bingung.
Sampaikan
ke anak, bahwa sekalipun guru sekolah terdapat kesalahan yang bisa jadi fatal,
tetap siswa tidak boleh seenaknya menyalahkan guru sekolah tersebut tanpa
mengingat kebaikan yang lain. Sebab sisi salahnya hanya sebagian kecil. Jika
siswa sampai menyalahkan gurunya, otomatis guru sekolah akan memarahi siswa
tersebut, dan berakibat guru sekolah akan melarang siswanya les dengan kita.
0 comments:
Post a Comment