Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Sunday 18 December 2016

Sistem Pembayaran Les (2)


Pembayaran les dapat dilakukan setelah pertemuan selesai atau sebelumnya. Masing - masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Ketika pembayaran dilakukan sebelum les, ada kalanya sebagian orangtua memilih mengundurkan diri dari les padahal sudah mendaftar, kelebihannya jadwal siswa les sudah dapat ditentukan.

Bila pembayaran les setelah les berjalan, kelemahannya adalah pengajar les harus bisa menyiapkan daftar rekapan kehadiran siswa les secara jelas dan transparan, serta siswa akan berangkat seenaknya, karena jadwal les bisa berubah dan kehadirannya tidak menentu. Kelebihannya adalah orangtua siswa les tidak begitu keberatan mengikutkan anak les. Meski demikian, kami menyarankan bentuk lesnya terlbih dahulu.

Jika lesnya privat ( yaitu berjumlah 1 sampai 4 siswa) sebaiknya pembayaran les dilakukan setelah les berjalan 4 kali. Kenapa 4 kali, karena 4 kali itu artinya bisa tiap 2 minggu jika les seminggu sekali atau sebulan sekali bagi yang les seminggu sekali. Ini artinya memberikan nafas untuk membayar les bagi orangtua yang mengalami kendala finansial.

Adapun jika lesnya semiprivat ( 5 - 10 siswa), maka sebaiknya pembayaran dilakukan 1 semester sekali di awal sebelum masuk les. Tujuannya adalah mengikat. Namun, perlu dicatat, bahwa pembayaran les, sebaiknya murah. 

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment