Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Tuesday 31 December 2013

Definisi Les Privat




Sebelum berbicara lebih jauh mengenai seputar les privat, terlebih dahulu akan kita definisikan tentang les privat. Definisi ini, kami bawakan menurut saya pribadi. Diharapkan dengan definisi ini menjadi lebih jelas dan tergambar sejak awal.
           Les privat adalah pembelajaran di luar sekolah, yang dilakukan oleh pemberi jasa di luar jam kegiatan belajar mengajar, yang menggunakan kurikulum sekolah sebagai acuan, dengan jumlah siswa dibatasi maksimal 4, dan dibatasi oleh waktu tertentu. Pemberi jasa tersebut selanjutnya dinamakan guru les privat, baik statusnya masih mahasiswa ataupun sudah menjadi guru. Adapun jika jumlah siswa yang diajar berkisar antara 4 sampai 9 siswa maka dinamakan les semi privat, dan lebih dari 9 siswa dinamakan les kelas klasikal.
         Seiring dengan berjalannya waktu, seorang guru les privat ternyata tidak hanya mengajar 1 anak dalam 1 keluarga tetapi mengajar anak – anak yang lain dalam 1 keluarga. Misalnya Pak A memiliki 2 anak yaitu B dan C, ketika guru les privat tadi mengajar B sekaligus C, maka pada saat itu guru les privat kita sebut dengan istilah Family Teacher atau terjemahan bebasnya adalah guru keluarga.
      Jasa yang diberikan oleh guru les berupa waktu dan intelektual. Guru les memberikan bimbingan, pemahaman, pengertian, penjelasan, dan aspek – aspek kogintif yang lain kepada siswa les. Selanjutnya jasa tadi akan dihargai oleh orangtua siswa dengan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Sejumlah uang tadi memiliki beberapa variasi nama seperti uang transport, honor, spp les, biaya les, gaji, ataupun vakasi. Dari penamaan – penamaan tersebut, saya lebih cenderung menyukai dengan menggunakan nama vakasi.

0 comments:

Post a Comment