Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Tuesday 31 December 2013

Kualifikasi Guru Les



Tidak ada standar yang baku mengenai kualifikasi pendidikan guru les privat. Mengingat ini pekerjaan swasta dan berdasar kerelaan bersama. Oleh karenanya jika orangtua siswa menolak guru les karena kualifikasi pendidikan tidak seperti yang diinginkan tidak masalah.
Jadi banyak mahasiswa yang masih semester 2 sudah terjun jadi guru les privat baik dengan alasan ekonomi ataupun penyaluran kemampuan. Sejauh orangtua siswa tidak mempermasalahkan, maka tidak masalah. Selain kualifikasi pendidikan, di masyarakat tidak mempermasalahkan kualifikasi akademik. Banyak jurusan teknik mengajar, banyak sarjana non keguruan juga mengajar, sarjana jurusan A mengajar mapel B, dst. Ini artinya, kualifikasi akademik tidak mempermasalah selagi masih dipercaya oleh orangtua siswa.
Di lowongan – lowongan pekerjaan, seringkali mensyarakat mahasiswa semester 5 minimalnya dan sesuai dengan kualifikasi akademik. Tapi beberapa juga menyebutkan harus sarjana S1, bahkan mensyaratkan PTN, dengan IPK tertentu.
Sebagaimana yang dikemukakan di atas, masyarakat tidak mempermasalahkan kualifikasi akademik dan pendidikan, yang terpenting adalah bagaimana guru les tersebut mampu mengajar dan siswa suka. Kedua syarat itu, menjadikan guru les dapat mengajar siswa les. Sebab tidak mesti juga seseorang yang sudah memiliki kualifikasi pendidikan dan kualifikasi akademik dapat mengajar sehingga siswa suka. Hanya saja idealnya, guru les harus sesuai dengan kualifikasi akademik dan kualifikasi pendidikan, yaitu minimal S1 untuk mengajar siswa les SD hingga SMA. Sebab dengan kualifikasi yang sesuai, guru les dapat mengajar dengan tenang dan nyaman.

0 comments:

Post a Comment