Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Tuesday 31 December 2013

Segi Kemanfaatan Les Privat



Les privat sampai sekarang masih diyakini akan kebermanfaatannya, ini dapat kita lihat dari menjamurnya guru – guru les privat di pasaran. Dari yang mahasiswa semester 2 hingga Bapak Guru yang usianya 40 tahunan.
                Bagi guru les privat manfaatnya sebagai berikut :
1.       Menambah penghasilan
Penghasilan bertambah dan kita berharap halal. Bagaimana tidak bertambah, manakala kita hanya bermodal bensin 1 liter dan waktu 1.5 jam sudah dapat penghasilan 10 x lipat.
2.       Meningkatkan kompetensi
Kompetensi pedagogis kita dapat terasah bila sering memberikan les privat, apalagi sering menghadapi soal – soal dari sekolah – sekolah favorit.
3.       Melatih kesabaran
Kesabaran menghadapi siswa yang kurang akademiknya, perilaku – perilaku, dll, nanti akan kita temui, bila kita bisa sabar terus kita bisa memberikan terobosan, al hasil akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.
4.       Membuka relasi dan kompetensi sosial
Relasi dengan siswa pun diperlukan, kita terkadang bisa mendapatkan pengalaman belajar dari siswa, mengetahui bagaimana bisa belajar, mengetahui kemampuan siswa, dll. Sehingga dengan komunikasi bersama siswa, gambaran – gambaran guru sekolah atau sekolah itu sendiri yang siswa ceritakan dapat meningkatkan hubungan relasi sosial. 
Bagi siswa tentunya lebih bermanfaat, diantaranya :
1.       Siswa dapat mengikuti pelajaran sekolah dengan baik setelah sebelumnya tidak bisa.
Wajar bila siswa tidak bisa mengikuti pelajaran di kelas, manakala siswa jarang belajar, kelas ramai, siswa lagi sakit, ijin sekolah, dll, yang menyebabkan siswa ketinggalan materi. Ketinggalan materi tersebut dapat dikejar oleh siswa di tempat les, sehingga siswa dapat kembali mengikuti pelajaran dengan baik.
Les pula yang dapat memberikan pengetahuan tambahan, sehingga siswa dapat maksimal ketika belajar di sekolah. Ada kalanya siswa jadi lebih PeDe mengikuti pelajaran karena sebelumnya telah mengikuti les. Siswa pun tidak terlalu khawatir ketinggalan pelajaran karena ia nanti bisa les di rumah.
2.       Trik – trik menjawab soal didapatkan
Ketika di kelas seorang guru menjawab soal tertentu bisa sangat panjang, karena saking panjangnya siswa kesulitan menelusuri alur berpikirnya, terkadang pula guru muter – muter dalam menjelaskan materinya, di sisi lain siswa takut atau malu untuk bertanya. Nah di les, guru les privat akan dapat menjelaskan kembali kesulitan siswa tadi, bahkan guru les akan memberikan trik – trik menjawab soal secara mudah tanpa meninggalkan esensi dari analisis materi.
3.       Mendapatkan variasi soal yang beragam
Perlu diketahui bahwa les privat adalah pembelajaran berbasis soal, sehingga penguasaan variasi soal mutlak diperlukan. Siswa perlu diberikan variasi soal agar kompetensinya dapat berkembang optimal. Jika siswa hanya mencukupkan diri dengan soal yang diberikan oleh gurunya, di saat lain ia akan gugup menghadapi soal yang berbeda variasinya, padahal soal itu mudah dikerjakan.
4.       Sekaligus belajar
Ada yang menjadikan les itu sebagai waktu belajar, artinya siswa ketika di rumah tidak pernah belajar, dan belajarnya ya hanya saat siswa lagi les. Fakta ini sering dijumpai apalagi pada jenjang sekolah dasar, karena siswa pada masa – masa ini begitu kesulitan untuk belajar mandiri. Karena mngetahui kondisi anaknya demikian, maka orangtua berinisiatif untuk mencarikan guru les agar sekalian belajar.
5.       Mengontrol prestasi siswa
Prestasi siswa dalam artian rangking dapat dikontrol melalui les. Misalnya saat semester 1 siswa rangking 19, maka guru les memberikan motivasi sehingga semester 2 ada peningkatan rangkingnya. Setidaknya peningkatan dalam mapel yang kita les. Umumnya jika nilai siswa naik, ada kecenderungan les akan bertahan.

0 comments:

Post a Comment