Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Tuesday 31 December 2013

Motivasi Penulis




Tulisan ringan ini terilhami oleh penulis yang telah memberikan les selama 9 tahun, semenjak lulus kuliah dari UNY. Tidak terasa selama 9 tahun tersebut, penulis sudah memberikan les kepada siswa yang tersebar lebih dari 60 sekolah dengan jumlah siswa yang sulit menghitungnya karena hilir mudik dan belum terdata. Bagi penulis, menjalani profesi sebagai guru les privat (Family Teacher) telah memberikan warna dalam kehidupan. Beberapa pengalaman – pengalaman yang pahit, sedih, manis, asam, dan rasa – rasa yang lain telah penulis dapatkan selama 9 tahun tersebut.
Sebenarnya penulis dalam membimbing siswa sudah jauh sebelum itu. Semenjak kelas 3 SD, penulis sudah terbiasa memberikan les kepada teman – teman sekelas. Jadi guru dihadapan teman – teman kelas. Dan ini berlanjut – dengan taqdir Allah – sehingga tiap tahun penulis memiliki siswa, pelajar, orang – orang yang belajar dengan penulis. Sungguh ini termasuk kenikmatan dari Allah. Jika seorang mekanik motor dapat mengetahui kerusakan dan kelebihan sebuah montor yang ada dihadapannya tanpa mengendarai montor lama, maka penulis pun berusaha demikian. Meski hanya dari pengalaman – pengalaman memberikan les yang amat sedikit selama ini, penulis seakan – akan mampu mengetahui kemampuan kognitif siswa dan bisa memberikan gambaran kemampuan siswa tersebut meski siswa tersebut hanya les sebentar.
Menjalani profesi guru les privat merupakan tantangan karena di saat yang sama akan bersaing dengan ratusan guru les lain. Sehingga  inovasi mengajar perlu ditingkatkan terus.
Tulisan ini agar mengilhami buat guru les dari beragam disiplin ilmu untuk menekuni profesi ini dan terus melakukan pembenahan – pembenahan. Begitu juga agar calon guru les yang mau memberikan les (menerjuni profesi guru les) dapat belajar dari pengalaman penulis yang sangat sedikit ini, sehingga akan lebih tahu sebelum melangkah.
Buku ringan ini hanya sepenggal pengalaman yang bisa saya torehkan. Isi buku ini pula hanyalah opini penulis yang berangkat dari pengalaman – pengalaman yang sudah penulis jalani dan bukan teori semata. Yang namanya opini maka bisa benar bisa salah. Jika itu benar, silakan diambil, jika itu tidak benar maka silakan dibuang. Bisa jadi karena tulisan ini hanyalah dibangun dari pengalaman, maka tidak bisa digunakan untuk menggeneralisir pengalaman orang lain. Adakalanya saran penulis baik untuk si A akan tetapi kurang baik untuk si B. Sekali lagi ini hanyalah sekadar referensi.
Metode penulisan dalam tulisan ini tidak mengikuti aturan yang baku (seperti ejaan, tata tulis, penulisan referensi, dll). Jadi ini buku ini hanyalah bahasa lisan dengan harapan mudah dimengerti dan dipahami.
Harapan besar dari terbitnya tulisan ini adalah memberikan inspirasi bagi orang lain agar bisa menjalani profesi sebagai pengajar les dengan penuh kesungguhan.  Tentu saja niat kesungguhan tidak cukup, haruslah membekali dengan ilmu yang memadai terutama ilmu dalam materi yang akan disampaikan, metode menyampaikan materi tersebut, dan pemahaman tentang peserta les.
Saya berharap tulisan ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment