Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Sunday 18 December 2016

Tips Memilih Guru Les Privat Berkelas


Guru les privat yang sesuai dengan keinginan anak akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Meski demikian, guru les yang menyenangkan bukan satu - satunya pilihan dalam memilih guru les.
Pada pos ini perlu kami sampaikan bagaimana tips memilih guru les privat, diantaranya :

1 . Kompeten
     Kompeten atau menguasai apa yang akan disampaikan mutlak diperlukan bagi pengajar les. Mengapa ? Karena ia akan berhadapan dengan siswa yang memiliki karakter pembelajar yang berbeda - beda tiap anak. Jika pengajar les tidak menguasai materi, tentu ia akan kewalahan menyampaikan dengan bahasa yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Jika pengajar les tidak menguasai, maka ia akan kewalahan di dalam membahas soal yang tidak terduga dari siswa.

2. Menyenangkan
    Sudah dikemukakan di atas, guru les yang baik adalah yang menyenangkan di mata siswa. Jika siswa sudah senang dengan guru les, maka ia akan lebih bertahan di dalam belajar. Bagaimana mungkin akan bertambah wawasan pengetahuan siswa, jika gurunya tidak menyenangkan di hati siswanya. Bagaimana siswa akan bertanya jika gurunya tidak menyenangkan.

3. Memiliki sikap humor
Sikap humor ini perlu dimiliki oleh pengajar les, karena sikap humor akan memberikan suasana beku menjadi cair. Meski demikian, sikap humor hanyalah selingan, bukan terus menerus, karena ini akan mengurangi waktu pencapaian kompetensi. 

4. Datang tepat waktu
Guru les yang selalu datang tepat waktu menunjukkan bahwa ia serius menjalani profesinya. Jika pengajar les selalu datang terlambat, menunjukkan yang bersangkutan kurang siap atau malas menyampaikan les. Ini sangat merugikan siswa itu sendiri.

5. Jam Terbang
Tentu saja, semakin lama menjadi guru les, maka ia lebih menguasasi medan. Mengapa ? Karena materi yang disampaikan merupakan materi ulangan dari sebelum - sebelumnya. Hal ini menjadikan ia fasih menyampaikan materi.

6. Diutamakan ia adalah pengajar / guru di sekolah.
Memilih guru les yang sekaligus jadi guru di sekolah, ia tentu lebih memahami psikologis siswa. Dengan pemahaman psikologis yang baik, ia akan menjiwai penyampaian materi sehingga siswa lebih mudah menangkap dan menyerap materi yang disampaikan.

Semoga bermanfaat.

1 comment: