Ketika Tulisan Siswa Tidak Terbaca
Tulisan tidak terbaca dalam bab ini memiliki makna sebagai berikut :
a.
Siswa menulis selalu terlambat dibanding siswa lain
seusianya, sekalipun tulisannya bagus
b.
Tulisan siswa jelek dan tidak terbaca
Menulis dalam proses pembelajaran sangatlah penting, bahkan sepenting –
pentingnya pembelajaran. Karena tulisan diibaratkan anak panah atau jaring yang
akan digunakan menangkap buruan. Misalnya kita hendak berburu rusa di hutan,
tiba – tiba rusa ada di hadapan kita, bila tidak kita tangkap rusa tersebut
dengan anak panah atau jaring, maka bagaimanakah kita bisa mendapatkan rusa
tersebut ?
Guru les yang baik, hendaknya memperhatikan masalah tulisan siswa.
Misalnya ketika kita sudah menulis di papan tulis, jangan sampai membiarkan
siswa tersebut hanya melihat dan membaca tulisan kita, tanpa dia mau menyalin
di buku catatannya. Tidak hanya itu, kita juga sebaiknya meminta siswa mengorganisasikan
tulisan tersebut di buku catatan khusus bila kita memberikan soal dan jawaban
yang unik, relatif luar biasa, ataupun soal yang rumit. Karena untuk soal yang
rumit tanpa tulisan yang rapi dan terorganisir dengan baik, maka mustahil siswa
akan ingat cara menjawab soal yang kita berikan.
Jangan pula membiarkan siswa menulis di lembaran – lembaran kertas yang
ujung – ujungnya nanti lembaran kertas tersebut hilang di makan api. Bilamana
kita memperkirakan bahwa ketika soal itu rumit dan membutuhkan jawaban yang
panjang kemudian jika siswa menyalin membutuhkan waktu yang relatif lama, maka
sebaiknya kita sudah mengetik itu atau menulis tangan kemudian kita bagikan ke
siswa. Hal ini dapat menghemat waktu les.
Jika kita dapati siswa tersebut malas mencatat, terlalu lama mencatat,
atau tulisan jelek maka kita mengupayakan agar terjadi peningkatan. Caranya
adalah memberikan PR mencatat kepada siswa dengan mengetahui orangtua. Kita
perlu memberi pengertian akan pentingnya mencatat. Kemudian kita bawa masalah
tersebut kepada orangtuanya, agar memberi perhatian khusus dalam mencatat.
Latihan – latihan mencatat itu terus kita berikan hingga si anak lancer dalam
mencatat, tulisan bagus, dan tidak malas dalam mencatat.
Perlu diperhatikan bahwa tulisan yang cepat lagi baik sangat membantu
kesuksesan belajar siswa dalam les.
0 comments:
Post a Comment