Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Thursday 2 January 2014

Membantu Tugas Siswa


Di sekolah, siswa sering mendapat tugas atau pekerjaan rumah. Siswa akan suka manakala kita membantu mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Hanya saja guru les perlu memperhatikan rambu – rambu dalam membantu mengerjakan tugas/pekerjaan rumah siswa. Ingat, bahwa guru di sekolah dalam memberikan PR/tugas adalah siswa mau  belajar, berlatih, dan dikerjakan sendiri oleh siswa. Esensi dari tugas tersebut bukanlah yang penting bagaimana tugas itu selesai tepat waktu, akan tetapi lebih dari sisi proses.
Oleh karenanya guru les harus memperhatikan dari sisi ini. Karena, kenyataannya guru sering mengeluhkan bila PR siswa yang mengerjakan adalah guru les dan ini banyak terjadi. Kondisi ini menjadikan penulis prihatin.
Sebaiknya, jika guru les disodori tugas siswa, tidak serta merta membatu mengerjakan 100% atau menolak, akan tetapi sebaiknya cukuplah memberikan jalan – jalan pembukaan. Atau jika kita mampu buatlah soal yang seragam, sehingga siswa dapat mencontoh pengerjaan kita. Apabila mampu yang demikian, berarti kita telah membuat siswa mau belajar di rumah. Karena esensi dari les kita adalah bagaimana siswa mau belajar sehingga hasil dan proses les dapat berjalan dengan baik.
Bentuk bantuan dari tugas dapatlah berupa ide – ide yang akan membuat siswa semakin mudah mengerjakan dan menyingkat waktu dalam pengerjaan, sehingga siswa dapat belajar mapel lain.

Siswa yang mengerjakan tugas secara mandiri – meski dalam prakteknya dibantu jalannya oleh guru les – siswa akan senang dan puas, terlebih lagi ketika di kelas siswa dapat maju mengerjakan di papan tulis. 

0 comments:

Post a Comment