Membantu Tugas Siswa
Di
sekolah, siswa sering mendapat tugas atau pekerjaan rumah. Siswa akan suka
manakala kita membantu mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Hanya saja guru
les perlu memperhatikan rambu – rambu dalam membantu mengerjakan
tugas/pekerjaan rumah siswa. Ingat, bahwa guru di sekolah dalam memberikan
PR/tugas adalah siswa mau belajar,
berlatih, dan dikerjakan sendiri oleh siswa. Esensi dari tugas tersebut
bukanlah yang penting bagaimana tugas itu selesai tepat waktu, akan tetapi
lebih dari sisi proses.
Oleh
karenanya guru les harus memperhatikan dari sisi ini. Karena, kenyataannya guru
sering mengeluhkan bila PR siswa yang mengerjakan adalah guru les dan ini
banyak terjadi. Kondisi ini menjadikan penulis prihatin.
Sebaiknya,
jika guru les disodori tugas siswa, tidak serta merta membatu mengerjakan 100%
atau menolak, akan tetapi sebaiknya cukuplah memberikan jalan – jalan
pembukaan. Atau jika kita mampu buatlah soal yang seragam, sehingga siswa dapat
mencontoh pengerjaan kita. Apabila mampu yang demikian, berarti kita telah
membuat siswa mau belajar di rumah. Karena esensi dari les kita adalah
bagaimana siswa mau belajar sehingga hasil dan proses les dapat berjalan dengan
baik.
Bentuk
bantuan dari tugas dapatlah berupa ide – ide yang akan membuat siswa semakin
mudah mengerjakan dan menyingkat waktu dalam pengerjaan, sehingga siswa dapat
belajar mapel lain.
Siswa
yang mengerjakan tugas secara mandiri – meski dalam prakteknya dibantu jalannya
oleh guru les – siswa akan senang dan puas, terlebih lagi ketika di kelas siswa
dapat maju mengerjakan di papan tulis.
0 comments:
Post a Comment