Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Thursday 2 January 2014

Mengarahkan Siswa Les Beradaptadi Di Sekolah Baru


Awal tahun ajaran baru pada kenaikan jenjang pendidikan adalah masa di mana siswa les akan menemui sesuatu yang baru dalam fase kehidupan pendidikannya. Jika sebelumnya ia berhasil mencapai prestasi yang bisa dibilang hebat, maka di sekolah yang baru ia tidak boleh terlena dengan keadaan di sekolah yang lama. Sebaliknya, jika di sekolah yang lama ia mengalami kegagalan maka keadaannya yang demikian jangan sampai membuatnya frustasi sehingga tidak mau mengubah kebiasaan buruknya di sekolah yang baru. Ini artinya bahwa sekolah baru yang ia tempati segalanya akan berubah sehingga menuntut adanya kesungguhan untuk beradaptasi di lingkungan yang serba baru.
Hal – hal baru apa saja yang kelak didapatkan siswa les di sekolah yang baru, pertama adalah teman pergaulan. Adakalanya ia bersendirian di sekolah yang baru. Hal ini disebabkan, hanya ia saja yang bisa diterima di sekolah yang baru dan ini sangat banyak dijumpai. Begitu juga banyak siswa les SMP tertentu yang masuk di SMA tertentu seperti pindah kelas, meski demikian ia akan tetap mengalami perbedaan teman pergaulan. Kedua, staf pengajar tidak luput hampir semuanya baru. Ketika di SMP misalnya, ia menjumpai ada sebagian guru yang selalu memperhatikannya, sehingga prestasinya terjaga, namun ketika di SMA jangan kaget kalau ia tidak menjumpai sesosok guru yang mau memperhatikan dirinya seperti ketika di SMP. Ketiga, kecepatan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Ada seorang siswa les SMP di sekolah pinggirian, akses sarana prasarana sekolah pun terbatas, meski demikian ia mampu mendapatkan nilai yang tinggi hingga ia bias masuk di SMA favorit propinsi misalnya, bisa jadi ia akan mengalami kesenjangan yang luar biasa dalam menangkap proses pembelajaran di SMA. Ketika di SMP, gurunya biasa pelan dalam menyampaikan, sering diulang – ulang, bahkan materi pelajaran sering diberikan penjelasan yang gamblang disesuaikan dengan bahasa setempat, namun ketika di SMA favorit, ia tidak akan menjumpai yang seperti itu. Hal ini bisa menjadi kendala tersendiri bagi siswa les tersebut.

Lalu bagaimana menyikapi hal – hal yang baru tesebut ? Pertama, bahwa siswa les tersebut harus sadar bahwa apa yang dihadapi sekarang ini jauh berbeda dengan sebelumnya. Ia tidak boleh mempertahankan kebiasaan yang buruk atau kebiasaan menggantungkan hasil pembelajaran berdasar teman atau guru. Kedua, mencari teman pergaulan yang positif. Seorang siswa les akan lebih bersemangat dalam belajar dibanding dengan motivasi yang disampaikan oleh guru mereka. Mengapa ? karena mereka melihat adanya senasib sepenanggungan. Ketiga, sering pergi ke perpustakaan. Dengan perginya ke perpustakaan, otomatis siswa les dengan sendirinya beradaptasi dengan lingkungan. 

0 comments:

Post a Comment