Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Thursday 2 January 2014

Perlukah Ulangan


Terkadang seorang guru les menginginkan penilaian untuk mengukur sejauhmana kompetensi les yang diberikan. Mereka memandang bahwa dengan ulangan (ujian/uji kompetensi) yang diberikan siswa akan belajar dan dapat dilakukan refleksi serta tindak lanjut. Jika nilai kurang dari yang diharapkan, maka remidi diperlukan dan dijelaskan kembali apa yang harusnya dikuasi. Manakala siswa begitu mudah mengerjakan soal yang kita berikan, maka selanjutnya guru les dapat meningkatkan kualitas kesulitan soal.
                Yang menjadi masalah adalah apakah si siswa bersedia ikut ulangan (uji kompetensi) atau tidak. Jika ia tidak bersedia maka jangan diadakan, akan tetapi coba uji dengan tes lisan tanpa sepengetahuannya. Jika ia bersedia mau ikut ulangan, maka selanjutnya dipikirkan waktu ulangan tersebut.
                Salah satu waktu ulangan yang bisa ditempuh adalah pada pertemuan keempat. Cukup waktu ujian adalah 20 menit, selanjutnya diadakan remidi/pengulangan materi dan pengayaan. Pada awal kali ujian, soal dibuat semudah mungkin tanpa mengurangi esensi les. Selanjutnya soal – soal ujian disusun  bertahap menuju tingkat sulit berdasar kemampuan siswa. Soal yang dibuat pun berdasar materi yang diberikan guru lesnya, bukan materi yang tidak diajarkan olehnya.
                Dalam memberikan soal ujian tidaklah harus banyak cukup 3 soal tidak masalah. Kriteria ketuntasan guru les diberi kebebasan menentukan. Saya cenderung menggunakan nilai minimal 70 untuk ketuntasan materi.
                Kategori kualitatif yang saya buat (disesuaikan dengan kemampuan anak ) sebagai berikut :
a.       Nilai 60 – 69 = siswa sudah bisa melanjutkan ke bab selanjutnya
b.      Nilai 70 – 79 = siswa sudah tuntas materi
c.       Nilai 80 – 89 = siswa tinggal menghadapi soal yang baru atau sulit
d.      Nilai 90 – 99 = siswa tinggal meningkatkan ketelitian pengerjaan
e.      Nilai 100      = siswa sudah mampu mengerjakan soal yang sulit, baru, dan sudah teliti
Dengan adanya uji kompetensi tersebut, guru les akan lebih bersemangat dan akan mendapatkan kepuasan karena siswa sudah berusaha dan paham terhadap materi yang disampaikan. 

0 comments:

Post a Comment