Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Thursday 2 January 2014

Penyelesaian Soal Yang Berbeda


Guru dalam penyelesaian soal bisa berbeda dengan guru les, hal ini wajar. Umumnya guru les dalam menyelesaikan soal lebih cepat, irit langkah, dan waktu lebih hemat. Cara yang bisa dibilang cepat, belum menjamin siswa lebih paham dan efektif, manakala didapati guru sekolahnya tidak menginginkan penyelesaian lain. Ini artinya, guru sekolah menginginkan siswanya menjawab sesuai dengan cara yang guru ajarkan.
Bahkan ada guru sekolah yang marah, bila siswa menggunakan penyelesaian yang berbeda, meski hasil akhir sama. Hal ini membuat siswa bingung dan menjadi tidak bisa. Namun, bila siswa tersebut memiliki akademik yang tinggi maka siswa akan mampu memadukan dengan baik.
Oleh karenanya, guru les harus memahami hal yang demikian. Seyogyanya manakala siswa menanyakan soal atau ketidakjelasan penjelasan dari guru sekolah, siswa ditawari apakah  mau dijelaskan dengan cara guru atau cara kita. Manakala siswa memilih dengan cara kita, maka kita jelaskan hanya saja, bila saat ujian dengan soal uraian, maka guru les tetap meminta siswa mengerjakan dengan penyelesaian yang sama dengan gurunya.
Terkadang guru sekolah dalam menjelaskan materi terdapat kesalahan baik dalam konsep ataupun dalam materi yang rumit, hal ini menjadikan guru les harus pandai – pandai dalam mengatur suasana. Sebab jika berbeda dalam hasil akhir, maka tentu siswa akan bingung. Jika kita yakin bahwa guru sekolah yang salah, maka kita sampaikan ke siswa dan beri pengertian sekaligus bukti – bukti yang kuat. Dengan demikian siswa tidak lagi bingung.

Sampaikan ke anak, bahwa sekalipun guru sekolah terdapat kesalahan yang bisa jadi fatal, tetap siswa tidak boleh seenaknya menyalahkan guru sekolah tersebut tanpa mengingat kebaikan yang lain. Sebab sisi salahnya hanya sebagian kecil. Jika siswa sampai menyalahkan gurunya, otomatis guru sekolah akan memarahi siswa tersebut, dan berakibat guru sekolah akan melarang siswanya les dengan kita. 

0 comments:

Post a Comment