Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Thursday 2 January 2014

Membuat Lembar Kerja


Salah satu yang menjadikan siswa tertarik mengikuti les privat adalah guru les memberikan lembar kerja. Lembar kerja yang dibuat haruslah disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Artinya, sama – sama siswa kelas X akan tetapi bisa berbeda – beda cakupan materi. Lembar kerja tidaklah harus dibuat dalam 1 semester atau 1 kompetensi dasar, melainkan cukuplah untuk pertemuan itu saja. Sebab membuat modul 2 halaman terkadang membutuhkan waktu berjam – jam.
Lembar kerja  ini jelas bertujuan untuk membatasi ruang gerak materi agar tidak melebar, guru les menjadi lebih siap, dan menghemat waktu dalam penulisan. Oleh karenanya hendaknya lembar kerja yang dibuat semudah mungkin atau seringkas mungkin dengan memperhatikan kemudahan dalam penyajian.
Secara ringkas, cukuplah 2 halaman, dengan penjelasan untuk halaman pertama berisi ringkasan materi atau rumus, sedangkan halaman 2 berisi tentang contoh soal yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Soal yang dibuat tidak harus bervariasi, kecuali bila menghadapi siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi. Tidak pula harus 2 halaman, bila menginginkan menambah halaman maka halaman tambahan berisi contoh – contoh soal yang bersesuaian dengan materi.
Jika guru tidak punya waktu untuk membuat lembar kerja, maka tidak masalah guru les memfotokopi  dari soal – soal yang diijinkan untuk difotokopi. Bila tidak sempat lagi, maka lembar kerja dapat dibuat dengan tulisan tangan yang terdiri dari 1 halaman yang berisi latihan soal. 

0 comments:

Post a Comment