Text Widget

Sample Text

Remidi 2 Materi Bilangan

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

BTemplates.com

Pages

Blogroll

About

Thursday 2 January 2014

Sistem Pembayaran Les


Secara umum, sebagaimana dengan les – les yang biasa terjadi, bahwa pembayaran les dilakukan langsung untuk 4 x pertemuan dengan alokasi waktu yang beragam. Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 bentuk, sebagai berikut :
-          Pembayaran di awal les
Pembayaran di awal les diartikan bahwa orangtua si anak membayar sejumlah uang tertentu untuk dibayarkan kepada guru les pada rentang waktu tertentu. Cara ini adalah cara yang terbaik dan paling sering dilakukan. Dengan membayar di awal, ada kecenderungan siswa untuk rajin les karena merasa sudah membayar. Hanya saja, bagi guru les, ini menjadi hutang yang barangkali menjadi beban.
-          Pembayaran di akhir les
Pembayaran di akhir les kebalikan dari yang pertama. Jika pembayaran les untuk 4 kali pertemuan, maka pada akhir pertemuan keempat siswa membayar les. Jika lupa, maka dapat dilakukan di pertemuan ke - 5. Jika siswa belum membayar, maka tunggu sampai pertemuan ke-6. Jika belum juga membayar dengan alasan apapun, maka les harus dihentikan, sampai siswa membayar.
Hal yang menjadi catatan terkait pembayaran adalah bukti fisik kehadiran yang bisa berupa presensi ataupun rekapan les. Sebaiknya pula hindari orangtua siswa ikut menghitung kehadiran les, kecuali bila mereka memaksa, dengan menghindari menghitung maka akan mengurangi potensi konflik dalam pembayaran. Maka di awal, beritahukan kepada orangtua siswa untuk tidak ikut menghitung agar tidak terjadi perbedaan jumlah/klaim hitungan kehadiran. Namun sebagai gantinya, guru les memberikan daftar kehadiran kepada siswa.

Ada kalanya orangtua siswa meminta guru les mengingatkan bila sudah waktunya membayar. Maka yang terbaik dalam memberi tahu janganlah mendadak, karena bisa jadi si orangtua belum punya uang sama sekali. Waktu yang terbaik adalah sehari sebelumnya, terkecuali jika orangtua tergolong mampu, dapat dilakukan mendekati pertemuan terakhir pembayaran. 

0 comments:

Post a Comment